Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H


"Mikul duwur, mendem jero, nrimo ing pandum, ojo dumeh"
- alm. R. Soeprapto

Ajaran dalam bahasa Jawa di atas adalah wejangan yang begitu kami kenal dari almarhum Eyang Kakung Soeprapto. Ajaran yang bijak itu selalu beliau sampaikan setiap kali seluruh keluarga besar berkumpul bersama di rumah kediaman Eyang dan keluarga, di Jalan Imam Bonjol, di kawasan Menteng Jakarta Pusat. Keluarga ku, yang merupakan keluarga dekat selalu ikut berkumpul bersama. Bahkan sudah dua tahun belakangan kami yang biasanya merayakan Lebaran di kota Solo justru ikut merayakan Lebaran bersama keluarga di Bonjol. Karena orang tua dari kedua orang tua ku sudah tiada, dan pihak yang tertua yang mesti di-sowan-i adalah Eyang Prapto yang merupakan kakak dari alm. Eyang Kakung kandung ku, Eyang Soeripto, orang tua dari Ibu ku.
Perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu mungkin menjadi perayaan yang tak terlupakan. Ketika di waktu itu Eyang Kakung yang sudah gerah atau sakit harus dirawat di Rumah Sakit Menteng tepat di hari raya, maka kami pun sowan ke Rumah Sakit dan merayakan Lebaran bersama Eyang di sana. Seminggu kemudian Eyang Kakung wafat, dan tahun ini kami berkumpul di rumah Bonjol sambil mengadakan pengajian peringatan 1 tahun wafatnya Eyang Kakung almarhum.


Lebaran tahun lalu bersama alm. Eyang Kakung Soeprapto di Rumah Sakit Menteng

Alm. Eyang Kakung Soeprapto bersama Eyang Putri dari dulu selalu menjadi panutan untuk aku dan keluarga dan selalu menumbuhkan rasa kagum, karena rukunnya kedua Eyang ini hingga hari tua. Ga jarang di acara keluarga ketika anak-anak atau cucu-cucunya bermain musik maka Eyang Kakung dan Eyang Putri akan berdansa bersama atau ikut bernyanyi. I really want to be like them on my old days :)

Alm. Eyang Kakung & Eyang Putri di hari ulang tahun Eyang Putri awal tahun lalu

Bulan puasa tahun ini memang berasa begitu cepat berlalu. Tapi sangat menyenangkan.
Pasti seua orang juga mengalami atau bahkan mengadakan sendiri yang namanya undangan buka puasa bersama. Bulan puasa akhirnya dijadikan sebagai kesempatan untuk lebih banyak meluangkan waktu bersama keluarga dan jadi pertemuan atau reuni dengan rekan-rekan lama. Begitupun dengan aku.

Buka puasa bersama teman-teman alumni SDN 09 Pagi Siemens Jakarta Timur


Tapi hal yang paling mengesankan, adalah bahwa puasa ini aku melewatinya bersama calon suami dan bahkan mendapat kesempatan untuk ikut dalam acaranya bersama teman-temannya :D


Reuni & buka puasa bersama Dika dan teman-teman sekolah dari Muntilan



Reuni & buka puasa bersama Alumni Univ. Sebelas Maret Solo (angkatan campuran)

Anyway...bulan ini penuh berkah buat aku. Dan besok aku masih akan merayakan Lebaran bersama calon suami (yipeee) plus sambil jalan-jalan, sekedar latihan untuk mudik sendirian dan pemanasan untuk travelling bulan depan.

Ceritaku akan berlanjut besok. Malam ini aku harus lanjut packing dan tidur dulu. I got an early flight.

Sebelum pamit, aku mau ucapin buat semua....selamat ber-Lebaran. Mohon maaf jika ada salah.


Wassalam,

Dee


No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan di sini...
tell me everything !!