DILEMA BANJIR

Not a very good day for me nih…setelah seharian menghadapi ke-chaos-an studio hari ini, gue jadi bertanya2 : “ada apa sih antara gue dan banjir?”
Loh…kok banjir, dith?

Well, gue sering mengalami banjir di saat2 genting…taun lalu kena banjir di Jakarta (sekalinya ada di Jakarta lama, malah kena), kamar tidur gue di rumah Eyang bocor abis dan banjir secara konstan (untungnya gue dah mulai nge-kost pas kejadian ini)…tapi, gak pernah nyangka gue malah akan mengalami banjir di kost!

Begini kronologis ceritanya…

Jam 15.30 – gue pulang dari studio lebih awal dari biasanya, dan menyadari kalo kost kosong…karena sepi banget dan pintu masuk garasi ditutup separo
Gue langsung mandi dan sholat, dan ketika itu Rusma, temen kost gue yang sama2 tinggal di lantai bawah dateng (Alhamdulillah, gue gak sendirian!)
Ujan mulai turun…

Jam 16.00 – nonton TV ma Rusma, ujan makin deres. Tau2 Rusma masuk kamar and tidur, gue tetep nonton bentar sampe akhirnya waktu suara TV makin kalah ma suara ujan, gue nyerah trus masuk kamar…
Baru tiduran 10menitan baru inget kalo TV blm gue matiin dan akhirnya keluar lah gue dari kamar. Eh,waktu buka pintu gue sadar: kok suara air ujannya makin deket yah??
Akhirnya gue berjalan lunglai sambil celingukan ke arah ruang TV…daaaaannnn….akhirnya gue temukan asal suaranya!!!
JENG…JENG…JENG (coba bayangin themesong nya film Psycho)

Ternyata tu suara dateng dari arah depan kamar mandi…disitu ada void yg kebuka sampe lantai atas, dan keliatan tangga menuju ke tempat jemuran di atap. Dan keliatan ada air menghujam turun dengan deras dari arah tempat jemuran itu langsung ke lantai bawah!!!! Tu air langsung jatoh ke arah tandon air di depan kamar mandi dan ngebuat area sekitarnya banjir.
Dengan penuh rasa penasaran langsung naiklah gue ke atas dan menyadari kalo keadaan lantai atas lebih parah karena dah banjir secara menyeluruh!

Akhirnya gue lari balik kelantai bawah dan ngebangunin Rusma, trus ke tempat bu kos yg sepi abis dan cuma dihuni ma Mas Galih, ponakan bu kost, satu2nya pria yg punya nyali untuk hidup di kost2an kami. Berdua ngetok2 pintu lama dan tu orang ga keluar2 sementara air yg tumpah dari atas makin parah…eh agak lama yg keluar bukannya masnya, tapi anjingnya bu kost yg sewaktu ngeliat kita berdua panik ngetok2 pintu malah nempelin moncongnya ke pintu kaca trus ngelolong (duh, ni anjing ga ngebantu deh)
Dengan putus asa Rusma ngajak gue nekad naik ke tempat jemuran, yg ternyata air di sana dah sebetis tingginya! Akhirnya d tengah luapan air ma ujan deres yg masih turun kita berdua nyari lubang pembuangan air di atas situ, dan ketika nemu langsung kita buka…agak lega sih waktu liat air di atas situ dah mulai turun pelan2…tapi pas mulai ada suara:
DRAKKKK!!DRAAAKKK!!! dari arah pipa pembuangan kita langsung turun, dan liat dari tempat cuci piring di lantai atas meluap air yg turun dari atas!! Kesimpulan gue : pipanya mampet nih!
Menyadari kita gak bisa berbuat apa2 di lantai atas dan suara pipa masih kedengeran, kita berdua turun…daaaannnn
JENG!!!JENG!!!JENG!!! ternyata air dan apapun yg mampet di pipa tadi meledak keluar di lantai bawah, dan tempat tinggal kami itu ikutan banjir!!! Sampe k kamar gue juga bahkan! Waduuuuhhhh….(bayangin themesong-nya Psycho lagi dong!)

Dengan hanya berdua dan satu buah alat pembersih lantai (gue gak tau itu namanya apa) ama satu kain pel gede banget, kita berjuang menyelamatkan kamar2 yg jadi korban, dimulai dari kamar gue yg paling ujung (kamar Rusma paling aman karena jauh dari pipa). Sewaktu berjuang mengeluarkan air dari kamar gue, gue mengutuk abis2an orang yg mendesain bangunan kost2an ini…karena gue menyadari bahwa permukaan lantai dari arah kamar mandi ke kamar gue tu menurun!!! parah kan??? pantes aja tu air susah bgt gue buang…
BR*@^#*K!!!
Dan parahnya, tiap kali gue ngedorong keluar air yg ada di dalem kamar gue, tu air langsung mengarah k kamar2 yg bersebrangan ama gue (maafkan aku, teman2!!)
Setelah kelar menyelamatkan kamar gue, akhirnya mas Galih bangun dan selagi dia celingukan bingung kenapa lantai atas banjir, gue ma Rusma langsung minta tolong bantuiin beresin lantai bawah…akhirnya dia turun ngebawa alat pembersih lantai satu lagi (tolong dong, ini namanya apa ya?) dan bantuin kita nyelametin kamar2 temen2 gue yg kebetulan lagi pada pulang kampung. Untungnya anak2 lantai bawah punya kebiasaan ninggalin kunci kamar masing2 di deket kamar gue.
Begitu mas Galih masuk kamar Cindu yg pas di depan kamar gue, dia tau2 berhenti di tengah kamar yg banjir parah itu dan ngeliatin langit2 kamar dengan terpana. Penasaran, gue ikut masuk k kamar dan ngeliat apa yg lagi dia liatin, yaitu air yg menetes-netes dari langit2!

G: di atas sini kan langsung kamar ya?
D: iya
G: brati kamar yg di atas banjirnya parah dong?
D: mmmmm (mulai ngebayangin themesong film yg sama ni)

Dan…usaha menyelamatkan kamar2 temen2 gue pun dimulai lagi, dengan cuma bertiga karena ga ada orang lagi selain kami, dan alat2 yg terbatas dan ujan masih blm berhenti…untungnya pipa dah lebih lancar jadi air ga muncul lagi
Lumayan melelahkan dan hampir menghilangkan nafsu makan (asal tau aja ya, kotoran yg bikin pipa mampet tadi itu kan keluar, dan gue menyimpulkan bahwa kotoran2 itu adalah sisa2 makanan tikur2 yg bersarang di atap! jijay bgt kan?)

Setelah lantai bawah dinilai aman, mas Galih mulai usaha buat sedikit menyelamatkan lantai atas (walopun sepertinya gak bisa menyelamatkan kamar2nya sekalian), dan kita pun langsung istirahat total. Hufff…kapok deh…

PS: buat Ayu, maafkan aku tidak bisa berbuat apa2 utk nyelametin kamarmu. Tp sepertinya mas Galih dah berbuat sesuatu…moga2 sih

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan di sini...
tell me everything !!