Daily Conversation

Belakangan ini gue seakan dilanda kemelut, kebingungan, kebimbangan (wait...dua kata terakhir ini bukannya maknanya sama ya?), dan gue nyaris frustasi karena entah kenapa kepala gue semakin terasa 'penuh' padahal gue selalu berusaha untuk gak terlalu banyak ambil pusing soal hal-hal gak penting yang memang (sebenarnya) jadi sebab musabab atas semua kemelut gue.

Kemudian....ketika gue sedang
'terbebani' dengan semua pikiran yang terus menerus berputar dengan liar di dalam kepala gue, gue akhirnya merasakan adanya satu hal yang terjadi di dalam diri gue. Ketika gue selalu berusaha menciptakan dan menikmati keheningan untuk bisa setidaknya 'sedikit' menenangkan liarnya pikiran gue, gue sadar bahwa ada satu hal yang terjadi dalam diri gue, dimana Pikiran (MIND) dan Hati (HEART) gue seakan menjadi pribadi yang berbeda, dengan sifat dan maksud yang berlainan....saling berbicara seakan mereka berdua adalah orang-orang asing yang baru saja menemukan diri mereka dan satu sama lain sama-sama 'terperangkap' di dalam diri gue.

Nyaris tiap hari gue berusaha berbicara pada mereka....tapi mereka justru asik dengan percakapan rutin yang terjadi setiap hari setiap saat setiap kali gue berusaha hening dan menenangkan diri. Dan gue pun dengan tenang selalu mendengarkan mereka saling bicara:

MIND: Hey, there...

HEART: Oh,hey...

MIND: Hey...what's wrong? Are you okay?

HEART: Umm...yeah, I guess... uh no, I'm not... ummm, yes...No! Ummmm....Arrrghhh! NO....I'm NOT okay!

Dan percakapan ini akan terulang lagi pada hari yang sama berulang-ulang....lagi dan lagi
dan lagi, dan berlanjut lagi keesokan harinya dan keesokan harinya lagi, dan keesokan harinya lagi...memenuhi kepala gue dan membuat gue gagal meraih keheningan dan ketenangan diri gue. Dan dengan jawaban akhir dari Hati gue (HEART) yang selalu sama, maka hari itu gue pun akan mendapatkan perasaan yang sama dengan apa yang dia rasakan.

Lemah....dan semua semangat dan kekuatan yang semula terkumpul akan hilang gitu aja. Yang tersisa cuma gue dengan 'hampa' berusaha mencapai tempat kerja atau melakukan kegiatan-kegiatan lain yang harus gue kerjakan, dengan berpura-pura bahwa gue sedang berusaha sekuat tenaga agar bisa melewatkan hari itu dengan sebaik-baiknya.

Dan pagi ini...lagi-lagi gue mendengarkan Pikiran
(MIND) dan Hati (HEART) gue saling berbicara. Seolah ketika gue sedang melangkahkan kaki menuju ke tempat kerja gue, kedua sosok asing yang masih 'betah menginap' dalam diri gue ini baru saja terbangun dan saling melihat satu sama lain. Gue menunggu dengan penuh rasa penasaran ketika sang Pikiran mulai bicara:

MIND: Morning...

HEART: Morning there too...

MIND: How are you? Are you okay?

Untuk sesaat gue merasakan adanya kepastian yang dirasakan sang Hati, dan menciptakan adanya kepastian dalam diri gue sebagai jawaban untuk kemelut gue hari ini....ketika setelah beberapa lama, muncul jawaban dengan suara pasti:

HEART: No....absolutely, not....!



*didedikasikan terutama untuk kedua teman setia gue, MIND dan HEART, yang selama beberapa waktu ini menjadi teman yang mampu menemani setiap keheningan dan kesunyian gue, sampai akhirnya gue 'nyaris' lupa arti kesepian

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan di sini...
tell me everything !!