The Lost Talent

Ketika seluruh dunia tengah berkabung untuk meninggalnya talenta musik muda - lagi-lagi di umur 27 - Amy Winehouse, saya justru berkabung untuk yang lain.


Adalah Noises by GAP, talenta yang tak sempat dikenal banyak orang kecuali dari kalangannya sendiri. Noises by GAP adalah (yang biasa dikenal sebagai) one man band, sebagai media dari talenta yang tidak ada duanya dari musisi muda berbakat, Gendra Aldyasa Pasaman. Dengan memanfaatkan gitar dan sebuah software musik dalam MacBooknya, Gendra merekam karyanya dalam kamar tidurnya sendiri dan menghasilkan berbagai single yang menakjubkan, dan merangkupnya dalam sebuah album penuh - "Sonic Sun", sebuah EP - "Getting To Know Yourself" dan sebuah album (on progress) - "Do You See What I See?"

Pada awalnya ketiga album tersebut dirilis melalui situs Bandcamp dan pengunjung halamannya dipersilahkan untuk mengunduh album-album itu secara cuma-cuma. Namun pengunduhan gratis tersebut dihentikan dan kini lagu-lagu Noises by GAP hanya dapat didengarkan melalui proses streaming atau dibeli (via online) dengan harga 1 dollar AS per lagu.


Beberapa pekan yang lalu, tepatnya hari Senin, 18 Juli 2011, sebuah peluncuran album "Sonic Sun" milik Noises by GAP dalam bentuk fisik diadakan di The Goods Dept., sebuah department store yang terletak di Plaza Indonesia. Acara peluncuran album diadakan dengan nuansa penuh ambience khas yang mengijinkan para pengunjung untuk duduk santai bersama di sofa-sofa yang santai ataupun di karpet hijau yang digelar khusus di salah satu sudut toko.

Dengan menampilkan band The Trees and The Wild sebagai pembuka yang tampil secara akustik, acara peluncuran ini berbentuk sebuah listening party, di mana beberapa single dari Noises by GAP diputar dengan ditemani suguhan visual yang diproyeksikan pada dinding bata putih khas The Goods Dept. dari visual jockey Isha Hening dan Lando. Acara peluncuran ini dihadiri oleh beberapa teman dekat dan keluarga Gendra, dan di tengah acara Ibunda Gendra memberi sambutan dan bercerita singkat mengenai Gendra.

Sayang, sang talenta yang karyanya sedang dirayakan pada malam itu telah tiada dan tak lagi bersama kita di dunia. Tepatnya pada 27 Desember 2010, Gendra meninggal dunia setelah terjatuh dari lantai 15 sebuah apartemen yang terletak di daerah Jakarta Selatan karena sebab yang masih belum diketahui hingga kini, pada usia 18 tahun.

Di puncak acara malam itu, sebuah video klip dari salah satu lagu Noises by GAP yang terdapat di Sonic Sun, “Superstar”, diputar. Video klip yang menampilkan montage foto-foto dan video dokumentasi pribadi Gendra semenjak kecil hingga masa-masa terakhirnya itu menciptakan perasaan haru yang memenuhi ruangan seketika. Berikut video yang saya ambil dari akun Youtube yang saya dapatkan dari Iga Massardi tempo hari:


Sebuah pengalaman perkenalan yang menarik. Rest in peace, young talented soul...

Baca artikel tentang Noises by GAP dari Rolling Stone di link di bawah:
Haru Biru di Peluncuran Album Sonic Sun Milik Noises by GAP

Situs Bandcamp Noises by GAP : http://noisesbygap.bandcamp.com/
Sonic Sun CDs are still available at The Goods Dept., Plaza Indonesia.

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan di sini...
tell me everything !!