Pameran Workshop AMI - Forum Arsitek Muda Indonesia


Pameran Workshop AMI Ruang Tinggal Dalam Kota

9 – 16 September 2009
pk 09.00 - 21.00

Gallery Komunitas Salihara
Jalan Salihara No. 16
Pasar Minggu – Jakarta Selatan

Arsitek Muda Indonesia (AMI) dibentuk untuk terus menerus mendobrak stagnansi arsitektur di Indonesia. Dalam rangka memperingati 20 tahun terbentuknya, diadakan Workshop dan Pameran hasil workshop tersebut. Temanya adalah “Ruang Tinggal Dalam Kota”. Karena, ruang tinggal adalah kebutuhan hakiki semua orang dan kota telah menjadi habitat lebih dari 50% populasi manusia di muka bumi.

Workshop dan Pameran ini adalah upaya meninjau kembali cara kita menempatkan diri dalam ruang – entah dalam sebuah ruang tinggal yang pribadi, atau dalam kota, atau keduanya. Rumah, dalam arti dan wujudnya yang konvensional, bisa jadi tidak lagi efektif untuk cara kita hidup dan tinggal saat ini. Karena itu, kami memilih menggunakan istilah ‘ruang tinggal’. Selain untuk membebaskannya dari konotasi rumah – yang dekat sekali dengan landed house, juga untuk membebaskannya dari ‘wujud’.

Workshop yang telah berlangsung mulai dari akhir bulan Mei ini, kini hampir usai dan hasilnya siap dipamerkan. Mungkin terlalu jauh apabila dari Workshop dan Pameran ini diharapkan dihasilkan solusi-solusi dari masalah ruang tinggal dalam kota. Tapi akan menarik untuk melihat bagaimana hal ini ditelaah dengan pikiran terbuka dan keberanian bereksplorasi. Bukan tidak mungkin ada alternatif-alternat if inspiratif yang bisa jadi pilihan untuk sebuah terobosan dalam mendesain dan menjadi acuan untuk memahami masalah ruang tinggal dalam kota.

Pameran akan diikuti oleh 14 kelompok yang terlibat dalam workshop Ruang Tinggal Dalam Kota, yang masing-masing akan menampilkan proposalnya:

didedikasikan untuk komuter
ruang. waktu. tinggal
ruang mimpi
mobile house
linear city
metabolisme kota Jakarta
rumah ini tidak untuk dijual
tropical bungalow
kota skala kita
nenek moyangku seorang pelaut
ruang bayangan dalam kota
ruang kembali
bandung, fashion, architecture
black out architecture


Rangkaian acara Pameran :

RABU 9 September 2009
18.00 – Selesai
OPENING CEREMONY

JUM'AT 11 September 2009
19.00 – Selesai
PRESENTASI & REVIEW PAMERAN

RABU 16 September 2009
19.00 – Selesai
PRESENTASI KARYA

dateng yah.....!!



No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan di sini...
tell me everything !!